Jumat, 06 September 2013

Pengertian Akuntansi

Sebelum belajar akuntansi kita harus mengetahui apa itu akuntansi
Akuntansi (accounting) : Suatu disiplin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efisien. Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yg jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. sedangkan Akuntan ialah gelar bagi mereka yang telah lulus ujian - ujian akuntansi seperti yang ditetapkan dalam UU No. 34 Tahun 1954.

Secara garis besar akuntan dapat digolongkan menjadi 4 bagian yaitu :

  1. Akuntan Publik (public accountants), Akuntan publik atau disebut juga akuntan ekstern adalah akuntan independen yang memberikan jasa - jasanya atas dasar pembayaran tertentu.
  2. Akuntan manajemen (managemen accountants), akutan manajemen atau disebut juga akuntan intern adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi.
  3. Akuntan pemerintah (government  accounts), akuntan yang bekerja pada badan - badan pemerintah seperti badan pengawas keuangan dan pembangunan (BPKP)
  4. Akuntan pendidik, mengajar, menyusun kurikulum pendidikan akuntansi.
Bidang Akuntansi


  1. Akuntansi keuangan : bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan lapora keuangan secara berkala untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan kepada pihak - pihak diluar perusahaan.
  2. Akuntansi biaya : bidang akuntansi yang berhubungan dengan pengumpulan, analisis, dan pengontrolan atas biaya.
  3. Akuntansi manajemen : bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemecahan masalah - maslah khusus yang dihadapi oleh manajemen perusahaan.
  4. Auditing : bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas atas akuntansi keuangan.
  5. Akuntansi perpajakan : bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan surat pemberitahuan tahunan (SPT) dan segala sesuatu mengenai perpajakan.
Apa yang dihasilkan akuntansi

        Secara singkat akuntansi menghasilkan laporan keuangan. Informasi keuangan tersebut dijabarkan dalam suatu format atau bentuk tertentu yang kemudian dikenal sebagai laporan keuangan.
Apa saja laporan keuangan itu ?
Laporan keuangan terdiri dari

  • Neraca (balance sheet) : Daftar aktiva, kewajiban, dan modal suatu perusahaan pada suatu saat tertentu. Daftar ini juga menunjukkan tentang kekayaan yang dipunyai perusahaan serta sumber pembelanjaannya. Neraca menunjukkan posisi keuangan perusahaan ada suatu saat tertentu.
  • Laporan laba rugi (Income Statement) : Ikhtisar pendapatan dan beban suatu perusahaan untuk suatu jangka waktu tertentu.Laporan laba rugi menunjukkan hasil usaha suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu.
  • Laporan arus kas (Statement of cash flow) : laporan ini memberikan suatu informasi mengenai arus kas masuk (cash in flow) dan arus kas keluar (cash out flow) selama suatu periode tertentu, sesuai periode laporan keuangan.
  • Laporan modal (retained earning statement) : Laporan ini menggambarkan bagaimana modal organisasi didistribusikan (dalam bentuk perincian posisi pemilik modal), keuntungan dalam suatu periode dibagikan dalam bentuk pembagian laba kepada para pemegang saham atau kerap disebut sebagai dividen , dan laporan ini mengikuti periodisasi laporan laba rugi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar